Anda mungkin pernah mengalami proses pembelajaran di kelas yang begitu interaktif dan kondusif, sebelum pandemi.
Tapi sejak awal pandemi hadir, Anda ingat bagaimana Anda kebingungan dan terus mencari cara agar bisa menjalankan model pembelajaran yang relevan.
Kini saatnya Anda belajar bagaimana Design Thinking dapat membantu para Pendidik untuk menjalankan pendidikan yang adaptif dan inovatif.
Design thinking adalah konsep dan kerangka kerja yang berpusat pada penerapan kreativitas dan inovasi dalam aktivitas kerja, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah kita -sebagai manusia.
“1. Mulai menerapkan DT pada skala yang relatif kecil dahulu, misal skala satu kelas mata kuliah, 2. Literasi DT pada kelas mata kuliah tersebut sambil mulai dipraktekan di mata kuliah lain yang karakteristiknya mirip, 3. Literasi DT pada mata kuliah yang karakteristik ilmu dan cara deliverynya mungkin berbeda” – Gradiyan Budi Pratama, Dosen Institut Teknologi Bandung
“1. Mengajak siswa diskusi ttg apa yg disukai dalam belajar, 2. Model belajar seperti apa yg diinginkan siswa, 3. Apa yg membuat mereka bahagia, 4. Memasukan ketuntasan ketercapaian sensory sesuai tingkatan dan kondisi siswa, 5. Eksekusi/Laksanakan. Alhamdulillah bermanfaat, mudah dipahami materi yg disampaikan” – Mike Kristin, Guru SDIT BINA INSAN SITUBONDO
“Alhamdulillah pelatihan DT untuk Pendidik, sangat bermanfaat untuk merancang kurikulum di masa daring saat ini. Metode yang Trainer gunakan, sangat memudahkan saya untuk bisa memahami materi tentang DT.” – Dwi Cahyanti Yuliasih, S.Pd AUD., Guru TKIT Permata
“Mengevaluasi kurikulum dalam waktu dekat, termasuk memasukkan DT ini dalam revisi dokumen 1 di sekolah. Banyak ilmu yg bisa didapatkan.” – Khikmat Rachmawati Tru Ariani, Guru SMPIT BAKTI IBU KOTA MADIUN
“Posisi saya sebagai orang tua siswa. Motivasi saya ikut pelatihan berawal dari kegelisahan saya semenjak 1 tahun lalu anak saya masuk SD dalam kondisi pandemi. Saya ingin menebus kesalahan saya cukuplah anak-anak saya di sekolah dengan sistem yang saya sendiri pusing karena model belajar dan tugas-tugasnya. Saya ingin menciptakan merdeka belajar saat di rumah, dan melalui DT ini saya berharap bisa menerapkan kepada anak-anak saya.” – Indra Wahyuni, orang tua
“Masya Allah senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini, banyak ilmu baru, mengubah cara pandang saya secara pribadi sebagai pengajar sekaligus cara pandang dari sudut manajemen sekolah. Barakallah, ilmu yang diperoleh benar-benar “mahal” rasanya beruntung bisa dipertemukan dengan pelatihan ini. Rencana saya; 1. Menggunakan DT sebagai salah satu solusi masalah pada kurikulum, 2. Menggunakan DT sebagai sebagai salah satu metode yg menarik pada pembelajaran, 3. Menggunakan HMW secara repetitif agar terlatih membuat solusi dari sudut pandang yg berbeda.” – Fitry Rahmawaty, S.Si., Guru SMAIT Permata
“Menarik, memberikan pengalaman belajar yang bermakna, coach yang luar biasa, memberikan insight baru, rencana saya 1. Mencoba penerapan DT untuk merancang pembelajaran di satu kelas sbg uji coba awal (DT dlm proses pembelajaran). 2. Semoga bisa mendorong tim kurikulum untuk menggunakan DT dlm pengembangan kurikulum, saya ingin segera menerapkan. Bismillah.” – Sri Handayani, S. Pd., M.I.Kom., Dosen Universitas Brawijaya
Ikuti webinar “Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Design Thinking”
Sabtu, 21 Agustus 2021 | Jam 08.00 – 16:00 WIB
Webinar ini menghadirkan 2 narasumber:
1.) Feri D. Sampurno (Direktur INALEAD, Certified Design Sprint by AJ&Smart)
2.) Rizqi Tajuddin, S.Si (Manajer Edupro Indonesia, Direktur Sekolah “Sahabat Alam” – Palangkaraya).
Ada 4 area saat menerapkan Design Thinking dalam pendidikan: kurikulum, ruang kelas, proses pembelajaran, dan sistem pendidikan. Dengan mempelajari dan menerapkan Design Thinking, Anda sebagai pendidik:
Ikuti Webinar “Design Thinking untuk Pendidik”, Sabtu, 21 Agustus 2021 | Jam 08.00 – 16:00 WIB
Profil Narasumber:
Feri D. Sampurno, CHt, CMNLP
Direktur INALEAD, Professional Trainer, Coach, certified Design Sprint (by AJ&Smart).
Feri Dwi Sampurno menyelesaikan pendidikan Trainer dan Master NLP pada NF-NLP Florida. Memberikan pelatihan kepada lebih dari 10.000 orang dan lebih dari 1.000 instansi swasta, pendidikan, dan pemerintahan.
Rio Purboyo
Manajer Program INALEAD, Talent Development, Directive-Coaching, Learning & Performance Consultant.
Praktisi Design Thinking sejak 2015 ini, kerap dipercaya oleh BUMN dan UMKM untuk membantu pengembangan SDM. Berbekal pengalaman sebagai Manajer Diklat, Rio dapat memfasilitasi pelatihan karyawan dengan dampak yang positif.
Rizqi Tajuddin, S.Si
Direktur Pendidikan “Sekolah Alam” – Palangkaraya, praktisi Design Thinking for Education.
Pendidik dengan pengalaman lebih dari 15 tahun ini, memiliki keterampilan khusus dalam memfasilitas pelatihan dengan pendekatan yang berbasiskan temuan riil dan solusi yang efektif. Beberapa sekolah dan komunitas pendidikan mempercayai pak Rizqi untuk mendampingi pelaksanaan Design Sprint guna mewujudkan lembaga pendidikan yang adaptif dan solutif sesuai perkembangan zaman.
“Saya mendapatkan momen AHA pada pelatihan ini. Saya yakin banyak orang terus berpikir untuk mendapatkan cara agar orang-orang di dalam organisasinya lebih tangkas sehingga kinerja organisasinya terus meningkat. Mereka pasti telah mencoba menerapkan beberapa metode dan/atau akan berencana akan menerapkan metode tertentu. Tetapi Pelatihan Agile Organization ini telah memberikan kerangka yang membingkai metode-metode sebagai jawaban atas kebutuhan peningkatan kinerja organisasi berkelanjutan. Edupro telah memberikan kerangka yang fleksibel untuk diterapkan pada berbagai kondisi organisasi.”
– Arief Andhi Yudanarko
“Pertama kali saya mengikuti training online secara profesional. Tapi tetap saya terpacu untuk mengikuti hingga selesai. Terima kasih Edupro atas keramahannya.“ – Anjaya Wibawana, S.Si.
“Luar biasa pendampingan coach, pelatihan santai gak tegang walau latihan-latihannya butuh kecepatan penyelesaian.”
– Donna Ari Novita, S.Pd
“Saya mendapatkan momen AHA pada pelatihan ini. Saya yakin banyak orang terus berpikir untuk mendapatkan cara agar orang-orang di dalam organisasinya lebih tangkas sehingga kinerja organisasinya terus meningkat. Mereka pasti telah mencoba menerapkan beberapa metode dan/atau akan berencana akan menerapkan metode tertentu. Tetapi Pelatihan Agile Organization ini telah memberikan kerangka yang membingkai metode-metode sebagai jawaban atas kebutuhan peningkatan kinerja organisasi berkelanjutan. Edupro telah memberikan kerangka yang fleksibel untuk diterapkan pada berbagai kondisi organisasi.”
– Arief Andhi Yudanarko
“Bagi saya Training AO is Amazing, baru pertama mengikuti training yang mampu mengubah mindset, bahwa mengelola organisasi/lembaga menjadi mudah dan menarik. Terima kasih…”
– Slamet Mulyono, S.Pd.I
“Kegiatan ini baik untuk diikuti oleh para manajer di tataran lembaga agar lebih agile.” – Khikmatun Nikmah, SP
Ikuti Webinar “Design Thinking untuk Pendidik”, Sabtu, 21 Agustus 2021 | Jam 08.00 – 16:00 WIB
Bayangkan manfaatnya, saat Anda memutuskan mendaftar webinar “Membangun Sekolah Berinovasi”, sekarang.
Investasi?
a. Daftar 1 orang Rp 150.000
b. Daftar 2 orang Rp 275.000
c. Daftar 3 orang Rp 350.000
Info lebih lanjut, hubungi WA 0812-7500-7400 (Admin Inalead)
Ikuti Webinar “Design Thinking untuk Pendidik”, Sabtu, 21 Agustus 2021 | Jam 08.00 – 16:00 WIB